RESEP SOTO BETAWI


RESEP SOTO BETAWI
Waktu saya jalan-jalan ke Jakarta, ada sesuatu yang sangat berkesan bagi saya. pada siang hari tiba-tiba perut saya mengingatkan kalau sekarang sudah waktunya makan. kebetulan di jalan yang saya lewati ada sebuah warung yang menyajikan soto betawi. kontan saja saya langsung belok utnuk cari makan. ternyata rasanya enak dan sedap. begitu terkesannya saya kemudian tanya ke teman saya yang pinter masak. Apa resepnya membuat soto betawi yang terkenal itu. kemudian saya di kasih resepnya. setelah saya coba ternyata persis seperti yang saya beli di jakarta tempo hari.

Ingin tahu bagaimana cara pembuatan soto betawi yang enak dan lezat ini? Inilah resepnya :

Bahan Untuk Membuat Soto Betawi
(1/2 kilogram ) Daging sapi has dalam
( 1/2 kg ) Jeroan sapi
( 200 ml )Santan kelapa kental
( 1 1/2 liter ) Air matang
( 3 sendok makan ) Minyak goreng untuk menumis
 ( 2 buah ) Tomat merah segar
Bawang goreng secukupnya
Daun bawang secukupnya
Emping goreng secukupnya
Bumbu Soto Betawi
( 2 lembar ) Daun salam
( 2 batang ) Serai
( 1 ruas ) Jahe
( 1 ruas ) Lengkuas
( 10 siung ) Bawang merah
( 1 sendok teh ) Merica bubuk
Garam dan penyedap rasa secukupnya.
Cara Memasak / Membuat Soto Betawi

1. Potong-potong daging dan jeroan sapi menjadi beberapa bagian kecil, cuci hingga bersih.Tiriskan.
2. Rebus potongan daging sapi, jeroan sapi, dan daun salam secara bersamaan hingga daging dan jeroan sapi setengah matang. Angkat dan tiriskan.
3. Rebus kembali potongan daging dan jeroan sapi dengan air 1 1/2 liter.
4. Keprek jahe, lengkuas dan batang serai.
5. Haluskan bawang merah dan garam hingga benar-benar halus.
6. Panaskan minyak, lalu tumislah bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama jahe,lengkuas, dan serai. Tumis hingga matang dan harum. angkat.
7. Masukkan tumisan bumbu tadi kedalam rebusan daging sapi, aduk rata. Masukkan penyedap  rasa dan santan. Aduk kembali, jangan sampai santannya pecah. Masak hingga mendidih dan daging serta jeroan sapi telah benar-benar empuk. Angkat.

 Cara Penyajian

- Iris-iris tipis daun bawang.
- Belah buah tomat menjadi beberapa bagian kecil.
- Tuang soto dalam mangkuk, taburi dengan daun bawang, bawang goreng, potongan tomat dan emping goreng.
- Dapat dilengkapi dengan jeruk nipis dan sambal.

0 comments:

Post a Comment